Bertarung Melawan Stres Traumatis

Dari perang hingga pelecehan anak. Dari KDRT sampai perceraian, Dari kekerasan domestik hingga perbudakan seks. Dari kegagalan usaha sampai kehancuran rumah tangga. Ini hanya beberapa contoh dari pengalaman traumatis yang tak terhitung jumlahnya yang dapat menyebabkan seseorang menjadi Stress dan traumatis. Stres traumatis adalah gangguan psikis kompleks yang sering kali dialami oleh banyak orang. Lalu bagaimana metode terapi dan penanganan yang bisa dilakukan bagi orang yang mengalaminya?

Kebanyakan orang yang memiliki pengalaman traumatis akan merespons dengan dua tindakan “lawan atau lari” yang umum meski hal ini sangat berisiko dengan aliran adrenalin berlebih yang menyertai tindakan ini.

Stres traumatis betapa sulitnya mengatasi, mengelola, dan mengendalikan gejalanya, setiap hari, setiap minggu, setiap tahun, bahkan sampai seumur hidup seseorang.

Pengetahuan dan pemahaman tentang gangguan ini dapat memberikan kemampuan bagi siapa saja yang menderita untuk mengatasi gejala-gejalanya, mengindarinya dan melepaskan diri dari beratnya stres taumatis. 

Untuk mencapai hal ini, penderita Stres dan trauma membutuhkan rencana tindakan yang disesuaikan dengan kebutuhan, sistem pendukung yang baik, dan banyak keuletan. Dan Anda perlu mencari tahu apa yang cocok untuk Anda.

Apakah anda muak dan lelah menahan pikiran-pikiran yang sering tidak disukai, perasaan takut yang ekstrem, kilas balik yang menakutkan, dan bersikap yang berlebihan selama bertahun-tahun, Padahal anda ingin bergerak maju dalam menjalani hidup.

Ketika Anda menemukan diri Anda pada titik di mana Anda tidak lagi ingin hidup dalam ketakutan atau memiliki respons “melawan atau lari”, maka disinilah saatnya anda akan bergelut melawan Stres dan trauma sesungguhnya.

Secara pribadi, kita biasanya berpikir bahwa kita akan hidup dalam kondisi ketidakseimbangan dan ketakutan selama sisa hidup kita. Mengalami stres dan traumatis biasanya sudah dialami sejak lama, menyakitkan dan sangat menguras tenaga, tetapi kita tidak boleh menyerah.

Ada orang yang mengalami stress dan traumatis yang berlebih karena paparan trauma yang parah dan berkepanjangan, yang membuatnya ketakutan sejak usia muda. Sebagian besar hidupnya hanya fokus pada mencoba untuk mengambil napas normal dan hidup dengan detak jantung yang terus-menerus gelisah dan indera kewaspadaan yang meningkat.

Adrenalin yang menumpuk di tubuh penderita stres traumatis memicu semua kegelisahan dan ketidaknyamanan yang ekstrim. Yang pada akhirnya mencapai titik tertinggi di mana penderita tidak lagi mau bertarung melawannya. Dia merasa kosong dan terjebak dalam tubuh dan kehidupannya sendiri, dan ini bisa berlangsung selama bertahun-tahun, bahkan bisa seumur hidup. Orang orang disekeliling kita sering kali mereka ingin kita ‘berhenti menjadi seperti itu.’ 

Memiliki sistem pendukung yang kuat sangat penting untuk membantu penderita bergerak maju. Sistem pendukung Anda tidak harus terdiri dari sekelompok orang: satu orang yang peduli pada Anda dapat membuat semua perbedaan.

Ketika Anda mengalami Stress dan traumatis kelenjar adrenal Anda hiperaktif. Stimulus yang paling tidak signifikan dapat memicu tombol “on” Anda dan dapat menghabisi Anda sendiri.

Saya sangat yakin bahwa setiap orang dapat mengatasi Stres traumatis mereka, tetapi ini adalah proses bertahap yang membutuhkan penurunan respons gairah Anda, dan pada dasarnya menghubungkan kembali otak Anda.

Pemulihan dari Stress dan traumatis tidak bisa langsung dalam sesaat. Ini tidak sesederhana mengambil pil untuk mengatasi sakit kepala, atau pil lain untuk membuat Anda tidak terlalu cemas. Pemulihan stress dan traumatis mengharuskan Anda menerima, mengenali, dan mengubah perilaku Anda. Pemulihan ini hanya dapat dilakukan jika Anda mempelajari dan mengeluarkan gangguan, memahami gejala, dan mengetahui bagaimana mereka mempengaruhi Anda secara pribadi.

Belajar melatih otak Anda bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun karena Anda harus menurunkan tingkat stimulasi ke tingkat yang nyaman, fungsional, dan dapat dikelola.

Sementara pemulihan Stres traumatis membutuhkan kerja dan upaya yang sungguh sungguh.

Itu membutuhkan banyak keberanian dan pertaruhan nasib sendiri, karena Anda harus mempertanyakan kesadaran dan realitas Anda saat ini dan bersedia menghadapi dan mengendalikan sisi gelap Anda. Hal itu membutuhkan rencana tindakan yang baik.

Setelah Anda berhasil melakukan ini, Anda tidak akan lagi membiarkan faktor ketakutan mengambil alih diri Anda. Anda akan dapat mengingat saat-saat dalam hidup Anda di mana Anda merasa santai dan memaksimalkan ingatan-ingatan itu alih-alih membiarkan ingatan traumatis memengaruhi, bahkan mengatur hidup Anda.

Tetapi tanpa melatih kembali otak Anda, ingatan menjadi tertekan, dan Anda tidak dapat mengatasi gejalanya.

Tidak Ada Petunjuk Khusus yang Dapat Dilakukan Setiap Orang Untuk Mengatasi Masalah tersebut. Namun, jika Anda mengingat pikiran dan tubuh Anda terjebak dalam keadaan stimulasi yang tidak proporsional (hiper-drive), maka Anda akan berusaha belajar untuk sebuah pelatihan keterampilan dan pendampingan guna melatih kembali dan menyambungkan kembali psikis Anda ke arah normal.

Dalam pengalaman saya, tekanan hidup memainkan peran penting dalam puncak stimulasi saya, yang berlangsung sekitar 3 tahun, dan saya benar benar berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mengendalikannya.

Jika Anda menderita Stres Traumatis dan Anda bosan membiarkan hal itulah mengatur hidup Anda, maka berjuanglah. Mulailah dengan mempelajari cara menurunkan tingkat adrenalin Anda untuk memasang kembali sistem saraf Anda dan mengatasi segala sesuatu efek yang di timbulkan oleh stres traumatis Anda setiap hari.

Setelah menurunkan gairah Anda, Anda perlu menenangkan ingatan yang mengganggu dari trauma Anda dan mengendalikan otak, pikiran, tindakan, dan yang lebih penting, persepsi dunia di sekitarnya dan reaksi terhadapnya.

Setiap orang yang terkena stres traumatis yang bisa jadi berbeda. Teknik yang bekerja untuk satu orang mungkin tampak seperti pukulan total bagi orang lain. Tetapi jika Anda fokus untuk menjadi lebih baik, Anda perlu memperluas wawasan Anda, membuka pikiran Anda, dan memberikan pendekatan inovatif kesempatan sebelum mengasumsikan mereka tidak akan berhasil.

Anda bisa tetap di tempat Anda sekarang, dengan hal-hal yang sama, dan tidak melakukan apa pun kecuali Anda akan tetap terjebak dalam keadaan hyperarousal dan tidak pernah menjalani hidup Anda sepenuhnya.

Menerima Stres Traumatis

Langkah pertama untuk memenangkan pertempuran melawannya adalah mengakui bahwa Anda memiliki gangguan dan menerimanya. Anda harus menolak untuk berhenti hidup seperti korban. Kesadaran dan penerimaan ini akan memiliki dampak besar pada kehidupan Anda. Anda harus menerima trauma yang dialami. Mencoba menyangkal, memblokir, atau menghindari kekacauan gejala yang dideritanya tidak akan membuat Anda pulih.

Mencari Bantuan

Menemukan pendekatan yang tepat untuk menangani masalah hidup bersama Anda mungkin merupakan langkah paling penting untuk mengelola dan menang melawan stress dan trauma Anda.

Berbicara tentang gangguan Anda dan bagaimana itu sangat memengaruhi Anda dapat membuat semua perbedaan di dunia. Beberapa pendekatan metode terapi mungkin mengharuskan Anda mengunjungi kembali peristiwa traumatis dan belajar untuk menerimanya, tetapi yang lain tidak. Anda harus menemukan metode yang paling sesuai dengan kebutuhan mental Anda.

Pada awalnya, membicarakan trauma Anda mungkin tampak hampir mustahil. Anda harus mengambil inisiatif karena bantuan prodeaional sangat penting untuk pemulihan. Penting bagi Anda untuk merasa nyaman dan aman dengan terapis Anda. Jika tidak, teruslah mencari sampai Anda menemukan seseorang yang faham tentang pemulihan kesehatan mental yang tepat untuk Anda.

Tenangkan Otak Anda

Terapi akan memberdayakan Anda dan memberi Anda alat untuk menghadapi kenangan mengganggu dari trauma langsung. Terlepas dari pendekatan terapi apa yang Anda dan terapis Anda putuskan untuk kasus Anda, saya sangat menyarankan agar siapa pun yang mengalami stres traumati mencari bantuan ahli terapi perilaku kognitif.

Jika Anda bertanya kepada saya, tujuan Anda dengan terapis Anda harus menemukan cara-cara yang dapat membuat Anda peka dari trauma. Dalam arti tertentu, terapis yang baik harus memberi Anda panduan untuk membantu menenangkan otak Anda dari trauma.

Merebut Kembali Otak Anda

Menenangkan otak Anda hanyalah awal. Setelah itu, Anda harus merebut kembali otak Anda. Itu benar, Anda harus mengendalikan otak Anda dan memproses ulang ingatan Anda sehingga mereka tidak dapat terus membahayakan Anda, untuk menembaki Anda. Ini adalah komponen kunci dalam mengelola gejala yang terkait dengan Stres Traumatis.

Untuk mendapatkan kembali otak Anda, Anda perlu mengubah cara Anda memandang, merasakan, dan memikirkan ingatan Anda. Ini adalah proses pemikiran spiral yang membuat Anda memandang lingkungan sekitar sebagai tidak aman sepanjang waktu.

Anda harus melihat ke belakang dan memahami bahwa apa pun yang terjadi adalah milik masa lalu, itu bukan kesalahan Anda, Takdir Allah telah digariskan ditangan anda dan masa kini Anda layak mendapat takdir baik dan kesempatan yang lebih baik pula. Jika Anda terus berkubang di masa lalu, alih-alih menggunakannya sebagai katalis untuk perubahan, Anda membiarkan peristiwa itu menghancurkan hidup Anda.

Melihat ingatan Anda dari sudut pandang yang berbeda akan membantu Anda memahami bahwa Anda masih di sini, dan Anda kuat.

Reorganisasi Hidup Anda

Stres traumatis dapat membuat hidup berantakan jika Anda tidak memahami gejalanya. Jika Anda berada dalam kegemaran dan merasa terjebak dalam rutinitas lama yang sama, maka perubahan mungkin merupakan ide yang baik.

Perubahan tidak selalu mudah, terutama jika Anda seorang introvert atau tertutup. Tetapi terlibat dalam kegiatan yang sehat adalah yang terpenting. Duduk di rumah, mungkin sendirian, tidak baik untuk suasana hati Anda dan tidak membantu Anda mendorong zona nyaman Anda.

Anda harus mendorong diri Anda melampaui zona nyaman Anda.

Merestrukturisasi hari Anda agar sesuai dengan kegiatan yang lebih sehat adalah cara yang efektif untuk memulai. Mungkin Anda bisa berjalan-jalan setelah makan malam. Rencanakan untuk keluar rumah sebanyak mungkin. Jika ada sesuatu yang dapat membantu Anda mengendalikan gejala Stres traumatis, itu adalah kegiatan luar yang bagus. Selalu ada sesuatu untuk Anda lakukan dan itu akan membuat Anda merasa lebih baik, insyaallah.

Pengurangan Stres Traumatis

Stres traumatis hadir dengan jumlah stres berlebih yang tidak dapat diatasi. Tingkat stres yang meningkat berperan dalam kemampuan Anda mengelola gejala. Berolahraga, menulis, meditasi, atau yoga selalu merupakan pilihan stres dan pengurangan kecemasan yang baik. Apa pun yang dapat Anda lakukan untuk menenangkan respons pertarungan atau pelarian Anda ke tingkat yang dapat dikelola, maka itulah yang Anda lakukan.

Beri waktu Untuk Pulih

Pemulihan dari Stres Traumatis tidak terjadi dalam semalam. Butuh waktu bertahun-tahun untuk pulih dari dan belajar hidup dengan diagnosis kompleks. Terlepas dari apa yang orang lain katakan, terapis termasuk, hanya Anda yang akan tahu kapan Anda berada di jalan menuju pemulihan karena Anda akan merasakannya. Bagaimana? Ketika hal-hal yang sebelumnya menyebabkan rasa sakit emosional tidak lagi menjadi masalah. Ketika Anda merasa kurang tegang dan adrenalin karena respons stres Anda berkurang atau tidak berlebihan. Saat tubuh dan pikiran Anda rileks.

Tanyakan pada Diri Anda: Apakah Saya Benar-Benar Ingin Mengatasi Stres Traumatis ?

Jika Anda benar-benar ingin mengatasi perjuangan yang dibawa Stres Traumatis, maka Anda harus berusaha karena itu mungkin. Mungkin terasa seperti melewati (berulang kali) melalui gerbang neraka selama pemulihan Anda. Ada saat-saat ketika semuanya begitu sulit, saya hanya ingin menyerah. Tetapi saya senang saya memiliki kekuatan untuk melewatinya, karena itu sangat berharga.

Berusaha memperbaiki situasi Anda harus menjadi fokus dan prioritas utama Anda. Pemulihan penuh mencakup pengalihan kondisi bertarung atau lari, berbasis rasa takut untuk kembali ke keadaan nyaman. Bisa jadi itu yang Anda rasakan sebelum peristiwa itu terjadi.

Ini adalah perjalanan yang panjang, dan saya harap Anda tidak memilih untuk melakukannya sendiri, jika Anda punya pilihan. Stres Traumatis dan kumpulan gejala yang menyertainya adalah tambalan yang menghalangi rasa takut mereka menjaga orang yang selalu Anda cintai.

Dalam arti tertentu, Stres Traumatis memberi Anda perspektif unik tentang realitas dan dunia. Namun, kenyataan ini didasarkan pada rasa takut, rasa bersalah, dan rasa malu. Anda harus mengubah cacat mendasar ini dalam sistem kepercayaan Anda. Dunia adalah tempat yang menakjubkan penuh dengan kehidupan dan keindahan, dan perspektif Anda tentang hal itu mencegah Anda dari menjalani kehidupan yang memuaskan.#

Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat bagi anda.

Note: Jangan lupa untuk memberi tanggapan di kolom komentar di bagian bawah halaman ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: