Mengkoreksi Bintik Hitam Psikologis diri Kita

Sebagian besar dari kita memiliki “Bintik Hitam psikologis” yang merupakan aspek kepribadian negatif kita yang jelas bagi semua orang akan tetapi tidak bagi diri kita sendiri. Ketika kita merenungkan hal ini beberapa dari kita mungkin berpikir, Bagaimana dengan saya?
Apakah saya memiliki Bintik Hitam Psikologis dalam pribadi saya?, dan jika demikian, apakah itu?

Anda dapat menemukan jawabannya jika Anda mau — atau lebih tepatnya, jika Anda berani. Ini adalah misi paling tidak mengenakkan dimana secara langsung mencari dan menghancurkan kantong penolakan Anda sendiri. Penyangkalan jauh lebih sulit daripada ketidaktahuan sederhana. Itu bukan ketidakmampuan untuk menerima informasi tetapi kemampuan yang menakjubkan untuk memahami informasi sementara secara otomatis menolak untuk membiarkannya masuk ke dalam kesadaran. Pikiran kita tidak melakukan trik ajaib ini tanpa alasan. Kita hanya “menjadi buta” terhadap informasi yang sangat meresahkan, menakutkan, atau menentang apa yang kita yakini bahwa dengan menyerapnya akan menghancurkan pandangan kita tentang diri kita sendiri dan dunia sekitar kita. Di sisi lain, kita akan menjadi sepenuhnya sadar akan persepsi kita sekadar merasakan apa yang kita rasakan dan mengetahui apa yang kita ketahui adalah definisi utama dari kebangkitan. Ini menciptakan fondasi yang hampir tidak bisa dihancurkan untuk hubungan yang langgeng, usaha yang sukses, dan kedamaian batin. Memburu titik-titik buta Anda adalah petualangan yang tidak mulus, tetapi ini bisa mengarah ke tujuan-tujuan yang luhur.

Mengidentifikasi Bintik Hitam Anda sendiri merupakan latihan yang paradoks, karena jika Anda menyadari masalah, itu tidak masuk hitungan. Ini seperti melacak angin, Anda tidak dapat mengamati benda itu sendiri, hanya merasakan efeknya saja. Jejak yang ditinggalkan black spot adalah pengalaman berulang yang tampaknya tidak bisa dijelaskan, hal-hal yang membuat Anda berseru, Mengapa ini selalu terjadi pada saya?
Sebagai contoh:

  1. Anda tetap memiliki pola hubungan yang sama meskipun dengan orang yang berbeda.
    Orang-orang seperti ini tidak tahu bagaimana memilih teman atau pasangan hidupnya. Mereka tidak memahami bahwa profil psikologis-nya akan membuat perilakunya menimbulkan reaksi serupa dari hampir semua orang yang mereka temui.
  2. Keberuntungan Anda tidak pernah berubah.
    Selama bertahun-tahun menjalani kehidupan, saya percaya bahwa kita menciptakan “keberuntungan” kita sendiri. Saya tidak mengatakan bahwa tidak ada yang namanya takdir, tetapi saya mengatakan bahwa pilihan jauh lebih kuat dalam menentukan pola kegagalan dan kesuksesan kita dari waktu ke waktu.
    Sebagai contoh, banyak rekan saya kehilangan pekerjaan dalam krisis ekonomi seperti sekarang ini, tetapi mereka yang sebelumnya bekerja dengan baik dalam karier mereka menemukan cara untuk belajar dari pengalaman mereka dan bangkit kembali. Mereka yang mengeluhkan nasib buruk tanpa henti sebelum diberhentikan telah meluncur lebih jauh ke bawah. Sedang Seorang rekan yang saya kenal sebelumnya juga mengeluh ketika baru di PHK, Tetapi kemudian dia memilih untuk memulai bisnisnya sendiri dan sudah mulai berjalan bagus sekarang, jadi ternyata untuknya dipecat adalah suatu keberuntungan.
  3. Orang-orang secara konsisten menggambarkan Anda dengan cara yang tidak sesuai dengan citra diri Anda.
    Pengalaman hubungan dalam percintaan dan keberuntungan tidak cukup untuk mengungkapkan Bintik Hitam Emosional Anda, ada cara lain untuk mengejarnya. Anda hanya perlu memperhatikan apa yang orang lain katakan tentang diri Anda — hal-hal yang selalu Anda abaikan sebelumnya.
    Lengkapi kalimat-kalimat berikut seakurat mungkin, dan Anda mungkin mendekati kebenaran yang belum sepenuhnya Anda akui.

“Orang-orang selalu memberitahuku bahwa aku …”


“Aku mendapat banyak pujian tentang …”


“Ketika teman atau anggota keluargaku marah padaku, mereka mengatakan itu …”


“Orang sering berterima kasih kepadaku untuk …”


Jika Anda sepenuh hati setuju dengan semua informasi yang muncul sebagai respons terhadap frasa ini, Anda cukup memperkuat konsep diri yang akurat dengan mengingat kembali saat-saat ketika orang lain telah memvalidasi persepsi Anda. Tetapi jika salah satu uraian itu tampak aneh, tidak sesuai, atau keliru, pertimbangkan kemungkinan bahwa citra Anda tentang diri Anda mungkin tidak akurat — dan hampir pasti tidak sesuai dengan apa yang dilihat orang lain. Ngomong-ngomong, Anda mungkin menemukan bahwa Anda buta terhadap karakteristik positif dan negatif Anda. Beberapa orang (terutama wanita) mungkin begitu bias dan samar terhadap dirinya sendiri sehingga mereka mengabaikan atau mengabaikan kualitas terbaik dari diri mereka sendiri.

Menyingkirkan Bintik Hitam Emosional Anda
Jika bukti menunjukkan bahwa Anda memiliki bintik-bintik hitam dalam emosional, Anda dapat mencoba menghilangkannya dengan latihan kesadaran sederhana. Anda sudah tahu apa yang ada di Black Spot Anda; hanya dengan melihatnya membuat Anda sangat tidak nyaman. Hanya dengan bersikap sangat lembut pada diri Anda sendiri Anda bisa mentolerir lebih banyak kesadaran. Jadi sebisa mungkin, tanyakan pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut:

Apa yang saya takut untuk tahu tentang diri anda sendiri?
Apa hal hal yang paling tidak ingin saya terima?
Apa yang saya rasakan tanpa saya ketahui?
Apa pun yang terlintas dalam pikiran Anda, jangan lakukan apa-apa.
Jika Anda merasakan sedikit realisasi baru, Anda telah mengambil langkah besar. Semakin banyak wawasan akan segera tiba, dan semakin baik hati Anda terhadap diri sendiri, semakin besar kemungkinan Anda akan mengalami terobosan besar.

Berburu titik buta Anda sendiri, seperti mencoba memeriksa bagian belakang kepala Anda sendiri, jauh lebih efisien dengan meminta umpan balik dari orang lain. Proses ini menggabungkan atraksi strip-dance dan skydiving, membuat Anda merasa benar-benar terekspos namun diberi energi oleh perasaan bahwa Anda bisa terluka parah. Saya tahu betapa berharganya umpan balik yang jujur ​​dan berharga, berapa banyak waktu yang bisa dihemat dalam perjuangan saya untuk bangkit. Saya masih harus memaksakan diri untuk mencarinya, tetapi ketika saya melakukannya saya hampir selalu mendapat manfaat.

Coba ini: Selama seminggu, minta umpan balik black-spot dari satu orang sehari, jangan pernah meminta orang yang sama dua kali. Katakan saja: “Apakah ada sesuatu tentang diri saya yang sepertinya tidak saya lihat tetapi jelas bagi Anda?” Anda mungkin ingin memulai dengan orang yang terdekat dan tersayang, tetapi jangan berhenti di situ. Anehnya, sekelompok orang asing relatif sering merupakan cermin terbaik yang dapat Anda temukan. Denangan orang asinh yang hanya beberapa menit setelah pertemuan, kita dapat saling menawarkan wawasan yang kuat. Biasanya jika bertemu orang yang baru kita kenal maka kita akan ekstra menutup diri dan bersikap sangat sopan, kita sering percaya bahwa ilusi kita dikonfirmasi oleh keheningan orang-orang yang terlalu sopan untuk menyebutkan yang sudah jelas. Sedikit Melanggar penghalang kesopanan dengan meminta kebenaran tentang diri anda bisa mengubah hidup Anda lebih cepat dari apa pun yang pernah saya alami.

Menangani Umpan Balik
Setiap umpan balik menakutkan. Jenis yang membahas topik yang sangat tidak nyaman sehingga Anda memasukkannya ke titik buta bisa hampir tidak dapat ditoleransi. Itu sebabnya, sebelum Anda bahkan meminta penilaian yang jujur, Anda harus memiliki strategi untuk memprosesnya.

  1. Katakan saja terima kasih.
    Ketika orang lain membahas bintik hitam sisi emosional Anda, Anda mungkin memiliki reaksi emosional yang hebat. Ingat: Semua pergolakan adalah produk dari pikiran Anda sendiri. Anda tidak harus menghalangi atau menentang orang lain untuk merasa tenang. Alih-alih meluncurkan argumen, katakan saja terima kasih. Kemudian bayangkan diri Anda menyimpan komentar orang lain dalam sebuah kotak. Anda bisa mengeluarkannya nanti, memeriksanya, memutuskan apakah berguna atau tidak.
  2. Singkirkan umpan balik yang tidak berguna.
    Ada umpan balik nyata, dan kemudian ada slop yang hanya merupakan cerminan dari disfungsi pembicara. Untungnya, Anda dapat membedakan hal-hal ini karena mereka merasa sangat berbeda. Umpan balik yang tidak berguna tidak spesifik dan tidak jelas, dan tidak memiliki implikasi tindakan. Itu mendemotivasi, mengunci kita dalam kebingungan dan rasa malu. Umpan balik yang bermanfaat spesifik dan fokus. Itu bisa menyengat seperti kalajengking, tetapi mengarah pada tindakan yang jelas; ketika Anda mendengarnya, Anda merasakan bola lampu kecil naik ke atas.

Contoh umpan balik yang tidak berguna seperti ini,


“Tidak ada yang bisa mencintaimu”


“Tidak ada orang yang mau percaya padamu”


Kedua hal diatas adalah dua contoh umpan balik yang tidak bermanfaat dan hanya akan mendemotivasi diri anda.
Sedang umpan balik yang membangun contohnya adalah sebagai berikut,


“Anda memproyeksikan banyak permusuhan, dan itu membuat orang takut”

Ini umpan balik yang positif karena memberi Anda informasi bahwa Anda perlu melakukan perubahan yang sehat.
Umpan balik yang tidak berguna biasanya datang dari orang-orang yang punya keterikatan masa lalu dengan anda yang masih membawa rasa benci dan permusuhan dengan anda. Hal terbaik untuk dilakukan adalah mengabaikannya dan hanya fokus pada informasi yang menurut Anda sangat berharga.

  1. Serap kebenaran.
    Seorang ahli saraf, Oliver Sacks, pernah menulis tentang seorang pasien lelaki yang sebenarnya buta sejak usia dini, menjalani operasi yang memulihkan penglihatannya ketika ia berusia setengah baya. Meskipun mata pria itu sekarang menerima informasi visual, otaknya tidak terbiasa memahaminya. Dia tidak bisa membedakan antara manusia dan gorila sampai dia menyentuh patung gorila di dekatnya; maka perbedaan menjadi segera jelas.

Keadaan bingung ini mirip dengan apa yang akan Anda rasakan ketika Anda menerima umpan balik tentang apa yang ada di blind spot Anda. Anda tidak terbiasa dengan rangkaian mata baru ini, citra diri yang baru ini. Biasanya Setelah umpan balik pertama kita akan merasa sangat canggung dan kita tidak dapat mengukur dengan benar emosi kita. Setelah berulang kali meminta umpan balik, kita akan mulai melihat perilaku kita sendiri dengan lebih jelas. Citra diri kita yang keliru memberi jalan kepada model yang lebih akurat.

Kesengajaan untuk menghilangkan bintik hitam emosi adalah sesuatu yang sangat bernilai bagi perkembangan anda secara emosional. Jika Anda melakukan langkah ini, artinya anda sudah belajar lebih banyak dalam waktu yang jauh lebih sedikit (walaupun dengan sedikit goresan dan memar dalam ego anda) dan anda akan mencapai tingkat pengetahuan diri yang lebih dalam dari yang Anda miliki saat ini.

Hanya dengan cara mengamati kebenaran tentang diri Anda maka secara perlahan hal itu akan mulai mengubah kemampuan emosional anda menuju kondisi yang jauh lebih baik. Hampir mustahil untuk melihat diri Anda lebih dan lebih jelas sambil terus bertindak tanpa integritas. Pada akhirnya, Anda akan bisa melihat diri anda dan berkata, “Ketakutan kita yang paling dalam bukanlah bahwa kita tidak mampu, Ketakutan terdalam kita adalah bahwa kita justru sangat kuat melebihi apa yang kita tahu dari diri kita sebelumnya. ” Melihat sifat sejati Anda adalah mengakui bahwa Anda memiliki kapasitas untuk kebaikan yang jauh lebih besar daripada yang pernah Anda impikan, dengan semua tanggung jawab luar biasa yang diemban. Itu adalah proposisi yang sulit, tetapi pada akhirnya akan menjadikan semuanya bermanfaat. Insyaallah.#

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: