Menata Kembali Resolusi Dalam Diri

Tidak semua resolusi itu sama. Ketika tahun baru dimulai, banyak dari kita menulis daftar janji-janji mulia — dan kemudian hancur dengan sendirinya sebelum tinta mengering. Mengapa sebagian besar resolusi memiliki daya rekat yang sangat lemah?
Karena resolusi tidak berdasarkan pada keinginan intrinsik kita yang sebenarnya. Kita menetapkannya karena kita telah belajar dari budaya di sekitar kita— budaya keluarga, budaya agama, budaya media — kita mempercayai bahwa semuanya adalah Hal-Hal Baik Untuk Dilakukan.

Sebaliknya, jenis resolusi tahun baru yang benar-benar meningkatkan kehidupan kita berasal dari dalam, dari hati kita, nyali kita, inti kita. Mereka melayani sifat unik kita, bukan hanya budaya kita, sehingga mereka cenderung memotivasi dan berkelanjutan. Tetapi banyak dari kita yang begitu terkepung oleh pesan budaya sehingga kita bahkan tidak tahu apa tujuan luar-dalam kita. Berikut adalah beberapa saran untuk menghubungkan kembali dengan seluruh diri Anda, sehingga Anda dapat mengatur resolusi yang berfungsi.

LANGKAH SATU:
PERHATIKAN APA YANG TIDAK ANDA SADARI.


Otak kita mirip dengan banyak mamalia lain, dengan satu pengecualian besar: neokorteks manusia. Struktur yang menakjubkan ini memungkinkan kita untuk berbicara, membayangkan, menghitung — dan berbohong. Manusia adalah makhluk yang lihai berbohong daripada makhluk lain di bumi. Dan saya tidak hanya bermaksud berbohong secara sadar dan sadar. Otak kita begitu terbiasa dengan harapan sosial sehingga kita sering membohongi diri sendiri tanpa menyadarinya.

Biarkan saya memberi Anda sebuah contoh. Ketika saya berbicara kepada orang banyak, saya kadang-kadang berhenti di tengah-tengah dan bertanya kepada diri sendiri apakah mereka merasa nyaman. Jika kita bertanya pada mereka, Mereka selalu mengatakan nyaman. Tapi “Apakah mereka yakin mereka nyaman?” Saya bertanya kepada mereka. “Apakah kamu benar-benar nyaman?” Pada titik ini orang orang mungkin agak jengkel dengan pertanyaan aneh saya, tetapi mereka bersikeras bahwa ya, mereka benar-benar nyaman.

Sekarang, masalahnya di sini bukanlah ketidaknyamanan itu sendiri — Masalahnya adalah orang-orang ini kadang kala merasa tidak nyaman tetapi mereka percaya bahwa mereka benar-benar nyaman.

Apa yang sebenarnya orang-orang ini maksudkan adalah: “Mengingat bahwa saya telah diajari sejak kecil untuk duduk lama di kursi yang tidak nyaman, ketidaknyamanan saya saat ini mudah ditoleransi.” Otak mereka memberikan sentuhan budaya pada pengalaman kenyamanan dan ketidaknyamanan mereka yang sebenarnya, sehingga mereka dapat berbaring di siang hari yang cerah dan bahkan tidak tahu mereka melakukannya.

Sebagian besar dari kita melakukan ini sepanjang hari. Kami telah diajarkan untuk menyenangkan teman-teman kami, menjual jiwa kami ke toko perusahaan, diam dan patuh, tampak tangguh dan tidak berperasaan, atau cocok dengan jutaan norma budaya lainnya. Kami biasanya menetapkan resolusi agar lebih sesuai dengan harapan sosial. Kami bahkan tidak memeriksa untuk melihat apakah kesesuaian kami membuat kami merasa lebih nyaman, atau kurang.

Ini adalah strategi yang hilang, karena otak kita yang luar biasa bukan hanya kalkulator. Psikolog Jonathan Haidt mengibaratkan neokorteks otak kita seperti manusia kecil di belakang gajah besar. Ketika kita menjadi “rasional,” kita bahkan mungkin tidak memperhatikan bagaimana perasaan gajah. Kami mungkin mencoba mendorong otak gajah kami ke arah yang tidak mereka inginkan.

Satu-satunya cara untuk membuat resolusi yang berhasil adalah menciptakan hubungan saling percaya antara pikiran kita yang menghitung (pengendara) dan perasaan kita (gajah). Menyadari bahwa pikiran verbal kita mungkin bertentangan dengan perasaan kita yang lebih dalam adalah langkah pertama — dan Anda baru saja mengambilnya.

LANGKAH DUA:
UNTUK SEMENTARA MENJAUH DARI BUDAYA DAN TERHUBUNG DENGAN ALAM


Dalam satu rangkaian percobaan yang terkenal, kelompok subjek diminta untuk menilai panjang tiga baris. Semua kecuali satu orang dalam kelompok (“subjek naif”) diam-diam berkolaborasi dengan para peneliti. Orang-orang ini dengan sengaja menyatakan bahwa dua garis panjangnya sama, padahal ini jelas bukan masalahnya. Hampir sepertiga dari “subyek naif” menyerah pada tekanan kelompok dan setuju dengan mayoritas. Beberapa dari mereka sebenarnya mengatakan bahwa mereka mulai melihat garis yang berbeda ketika mereka mendengar penilaian orang lain.

Dengan begitu banyak kerentanan terhadap tekanan sosial, kita dapat memercayai persepsi kita sendiri ketika kita sendirian, lebih disukai di alam (tidak ada pengingat akan tekanan budaya di sana). Sebelum Anda menetapkan tujuan penting, luangkan waktu untuk menyendiri. Bangunlah sedikit lebih awal (atau begadang lebih lambat) daripada anak-anak, anjing, rekan kerja Anda yang terus-menerus mengirim email. Pergi keluar untuk berjalan-jalan atau duduk di dekat jendela dengan pemandangan pepohonan dan langit. Alam melonggarkan selat mental budaya dan memberi kita ruang untuk pulang ke rumah untuk seluruh diri kita.

Begitu Anda sendirian, bernapaslah selambat-lambatnya dan sedalam mungkin. Kita menahan perasaan kita yang sebenarnya dari kesadaran (sebagian) dengan bernapas dengan dangkal dan menegangkan otot-otot kita. Napas yang dalam dan lambat memberi tahu otak hewan kita bahwa kita berada di tempat yang aman, yang memicu relaksasi melalui seluruh tubuh-pikiran kita. Berikan relaksasi ini. Ini adalah pintu menuju kesadaran penuh Anda sendiri, pengalaman nyata Anda sendiri.

LANGKAH TIGA:
RASAKAN APA YANG ANDA RASAKAN

Jika Anda mulai merasakan emosi yang sulit seperti ketakutan, kesedihan, atau kemarahan, ajak diri Anda dalam pengalaman fisik aktual yang Anda alami di saat ini. Anda dapat melakukan ini kapan saja; sebenarnya, Anda dapat mencoba sekarang. Ambil napas santai beberapa kali, dan kemudian perhatikan fakta fisik dari situasi Anda pada saat yang tepat ini. Apakah Anda duduk, berdiri, berbaring? Seperti apa rasanya gravitasi di posisi ini? Apakah cahayanya terang atau redup? Apa rasanya di mulutmu? Berapa suhu udara?

Ketika Anda memperhatikan momen fisik ini, Anda mungkin akan menemukan bahwa Anda baik-baik saja, bahkan jika Anda juga memiliki emosi yang sulit. Jika Anda sedih, tetapi juga duduk di kursi yang nyaman, Anda dapat mengatasi situasi itu — untuk sesaat. Jika Anda cemas, tetapi juga memperhatikan bagaimana seberkas cahaya mengalir melalui jendela dapur Anda, Anda dapat mengatasinya sesaat juga.

Alam — termasuk diri “gajah” yang menempati sebagian besar otak kita — tidak pernah tersesat dalam pikiran tentang masa lalu atau masa depan. Itu hanya harus menghadapi satu momen ini. Dengan tetap terhubung secara fisik dengan realitas fisik kita yang sebenarnya, kita kemudian dapat menempuh jalan kita, langkah demi langkah, melalui keadaan kehidupan yang sangat sulit.

LANGKAH EMPAT:
AMBIL SATU LANGKAH KECIL UNTUK MEMBUAT HEWAN DALAM DIRI ANDA MERASA LEBIH BAIK


Penelitian menunjukkan bahwa mencoba melakukan perbaikan besar dengan cepat adalah resep kegagalan. Gajah kita suka melakukan satu langkah kecil pada satu waktu. Jadi, apa pun yang Anda rasakan pada saat Anda terhubung kembali dengan seluruh diri Anda, ajukan pertanyaan sederhana ini: “Apa yang akan membuat saya merasa sedikit lebih baik, sekarang?”

Pertanyaan ini berfungsi apakah ada hal-hal buruk, baik, atau di mana saja di antaranya. Jika Anda merasa flu dan tertekan, hal kecil apa yang bisa Anda lakukan untuk merasa lebih baik? Panggil teman? Minum aspirin? Lakukan. Jika amarah naik, cobalah meninju bantal atau tuliskan semua yang perlu dikatakan amarah. Merasa bahagia dan sehat? Menyanyikan lagu favorit Anda.

Ketika kita mengambil langkah-langkah kecil untuk merasa lebih baik, diri gajah kita mulai mempercayai diri kita sendiri. Ini adalah dasar dari upaya tim yang sangat kuat.

LANGKAH KELIMA:
TETAPKAN TUJUAN YANG MEMBUAT GAJAH RILEKS


Begitu Anda telah belajar bagaimana terhubung dengan perasaan Anda yang sebenarnya dan bergerak ke arah perasaan yang lebih baik (bahkan sedikit lebih baik), Anda memiliki keterampilan yang akan membawa Anda ke resolusi yang tepat. Anda tidak hanya akan membuatnya lebih baik, bahkan Anda akan dapat mengikuti mereka.

Menggunakan keterampilan ini sebelum melakukan apa pun akan membuat hidup kita lebih mudah. Setelah Anda meluangkan waktu dan merilekskan tubuh Anda, pertahankan tujuan di benak Anda. Perhatikan bagaimana tubuh Anda bereaksi. Jika tegang, itu adalah otak gajah Anda yang mengatakan bahwa tujuannya salah untuk Anda. Jika tubuh Anda terus rileks, gajah berkata “Ya!”

Gunakan tes ini untuk melihat seberapa besar tujuan yang ingin Anda pilih, dan seberapa cepat Anda ingin bergerak ke sana. Bahkan resolusi yang baik dapat menakuti gajah jika cakupannya terlalu besar atau langkahnya terlalu cepat. Terus atur resolusi Anda sampai Anda bisa rileks ke dalamnya. Saat Anda bergerak maju, tetap waspada. Apa pun yang membawa ketakutan dan ketegangan hampir tidak mungkin dipertahankan. Apa pun yang terasa tenang dan bisa dilakukan akan menjadi semakin memotivasi saat Anda melanjutkan.

Anda dapat menggunakan metode ini tidak hanya untuk membuat resolusi Tahun Baru, tetapi untuk merencanakan setiap hari, setiap tugas, setiap petualangan. Dapatkan ruang, rileks, perhatikan bagaimana tujuan tidak hanya mempengaruhi pikiran Anda, tetapi tubuh dan emosi Anda. Temukan cara untuk bergerak maju dengan lembut, cara yang menjaga bagian “pengendara” otak Anda selaras dengan bagian “gajah”. Budaya kita melihat ini sebagai aneh dan aneh.

Harapan Tahun Baru saya bagi kita semua adalah agar kita menjadi lebih berbelas kasih dan hormat terhadap setiap aspek kehidupan batin kita. Jika kita melakukan ini, kita secara otomatis akan mulai mempercayai diri kita sendiri. Dan seperti yang pernah ditulis oleh seorang penyair , “Begitu Anda memercayai diri sendiri, Anda akan tahu cara hidup.”#

KECANTIKAN DAN BUSANA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: